Kamis, 01 Januari 2015

Kartu Rencana Studi

Hai fellas. Apa kabar? Gimana acara tahun barunya? Tetep jomblo? *eh

Oke teman teman mahasiswa baru. Pasti kalian sudah nggak sabar menanti nantikan masa masa KRS-an. Apa yang kalian ketahui tentang KRS?

KRS (Kartu Renca Studi) adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Kartu ini juga dapat didownload dan dicetak oleh mahasiswa bersangkutan. (User Guide SIAKAD)

Bahasa kasarnya adalah KRS itu jadwal pelajaran kalian selama satu semester. Kalian bisa menyusun jadwal pelajaran kalian sesuka hati. Kalian bisa memilih dosen favorti kalian. Biasanya pihak Prodi memberi sedikit bocoran tentang nama nama dosen yang akan mengajarkan di semester berikutnya lengkap dengan mata kuliah yang dipegangnya. Kalian bisa mendownload bocoran nama nama dosen ini di website PBI (pbisa.wordpress.com) Sering sering berkunjung ke sana ya~

Oke, langsung saja tidak perlu banyak cakap. Bagaimana proses KRS itu sendiri?

1. Terlebih dahulu, pastikan kalian telah membayar biaya daftar ulang. Kalau belum membayar biaya dafar ulang, mohon maaf, kalian tidak bisa memproses KRS.

2. Masuk ke web siakad tercinta kita.

 3. Masuk dengan akun SIAKAD kalian.

4. Setelah berhasil log in ke akun SIAKAD kalian, klik Mahasiswa.

5. Pilih menu  Perkuliahan (Mhs). Pilih submenu KRS.

6. Setelah masuk ke submenu KRS, scroll (geser) ke bagian bawah. Kalian akan menumukan berbagai macam mata kuliah berserta jam dan kelasnya plus jumlah sks per mata kuliah.  Pada daftar ini, silahkan memilah dan memilih mata kuliah yang akan diambil. Untuk semester 2, biasanya diambi semua karena belum ada pilihan mata kuliah yang lain. Centang bagian box di sebelah kiri kemudian setelah selesai melakukan pemilihan mata kuliah, klik tombol Ambil Mata Kuliah 
yang berada di bagian paling bawah untuk menyimpan mata kuliah yang telah diambil.
 NB : Pastikan antar mata kuliah tidak terjadi kres atau kesamaan jadwal. Misal di jam 13.00 di hari Senin, kamu secara khilaf telah memilih dua mata kuliah yang berbeda di jam yang sama. Nah, ini namanya kres. Kalau kres, kamu harus menggantinya dengan jadwal lain. 
 
7. Setelah kalian memilih jadwal dan memencet tombol Ambil Mata Kuliah, kalian bisa melihat lagi susunan jadwal kalian seperti ini.
Nah, itu ada tanda silang plus gambar tong sampah di bagian kolom AKSI. Gunanya, apabila kalian ingin mengganti jadwal suatu mata kuliah dengan jadwal lain. Intinya, apabila kalian ingin merombak jadwal kalian, kalian bisa klik ikon itu dan secara otomatis, mata kuliah yang telah kalian pilih akan terhapus. 

8. Setelah jadwal kalian fixed, klik tombol Cetak untuk mencetak KRS kalian dan setelah itu, bawa ke dosen wali kalian untuk meminta tanda tangan beliau. Langkah ini WAJIB, KUDU, HARUS kalian tempuh. Kalian harus menerima tanda tangan dosen wali kalian. Setelah KRS kalian ditanda tangani oleh dosen wali, itu artinya jadwal kalian telah disetujui dan akan diproses oleh pihak akademik. Oiya, selesai meminta tanda tangan dosen wali, bawa KRS mu yang sudah ada tanda tangan dosen wali ke bagian akademik. Masih ingat Bapak Muchlisin? Nah, bawa KRS mu ke beliau. 


Hal hal lain yang bersangkutan dengan KRS :
1. KRS dicetak dua kalia ya, fellas. 1 untuk mahasiswa (kamu pribadi) dan lainnya untuk akademik. Usahakan jangan sampai tertukar. Biasanya ada keterangannya kok di bagian bawah KRS yang sudah tercetak.

2. KHS (Kartu Hasil Studi) ini sama dengan raport kalian selama satu semester. Bisa diambil di prodi atau di akademik. Nanti diinfokan lagi  dimana dan kapan kalian bisa mengambil KHS.

3. KRS dan KHS, harap disimpan beserta kwitansi pembayaran daftar ulang kalian. Ya, siapa tau dibutuhkan saat mengurus beasiswa ataupun skripsi.

Oke. Good Luck fellas untuk KRS pertama kalian. Feel free for question. ^_^

0 comments:

Posting Komentar